Fender alias Mud Guard alias Spakbor

Sebagaimana kita tahu fungsi utama dari pemasangan fender sepeda adalah untuk melindungi sang pengendara atau penumpang dari cipratan air apabila sedang hujan atau saat melewati genangan air. Desain fender sudah mempertimbangkan faktor fungsi tanpa meninggalkan estetika.

Walau fungsi fender cukup penting, banyak pesepeda yang “malu” memasang fender di sepedanya. Kehadiran fender “merusak” tampilan sepeda, khususnya jenis MTB. Teman-teman bilangnya “wagu” 😦

Saya sendiri merasa “menderita” setelah menjual fender chromo plastic yang dulunya selalu terpasang di sepeda saya. Setelah ganti fork rigid dengan Suntour XCR, dimana tidak ada lagi lubang eyelet untuk dudukan fender, saya merasa tidak perlu menggunakan fender. Akibatnya sepeda saya mudah kotor. Sepeda sih gak masalah kalo kotor. Yang parah justru cipratan lumpur di tas hydropack, sadel, dan celana yang belepotan tanah berlumpur. Parah bener!

Intinya, saya ingin memasang fender lagi di sepeda saya. Browsing dulu ah… *nyari yang bentuknya “lumayan” kece biar gak merusak estetika 😀

 

Tulis Komentar

