Posted in Curcol, Gowes

Freehub Turner BLK 30 mulai bermasalah…

Saat bersepeda di waduk Seloromo tempo hari, tiba-tiba rantai sepeda saya kendor. Terasa seperti putus rantai. Saya langsung berhenti dan melakukan investigasi. Tersangkanya langsung ketemu. Putaran body hub seret :(  Akibatnya, saya tidak bisa coasting (meluncur tanpa menggenjot pedal). Bila coasting, rantai kendor, RD ketarik, dan bletak…!!! Mata kucing yang terpasang di ruji mental. Parah bener! Kalau ini terjadi pas di turunan, nggak kebayang risikonya. Mungkin roda langsung terkunci dan saya akan mental. Hiiii…..

Padahal pulang ke rumah pasti jalannya menurun. Untuk mengakalinya, pas di turunan, saya tetap menggenjot sepeda. Padahal kenikmatan setelah melahap tanjakan adalah menikmati turunan tanpa digenjot. Tapi kali ini nggak bisa😦

Sampai di rumah, saya mencoba membongkar freehub Turner BLK 30. Bingung! Hahaha… Nanya di grup Polygon Heist dan Komunitas Sepeda Polygon Indonesia, nggak ada yang bisa menjelaskan benar. Akhirnya saya bawa ban belakang untuk didandani bengkel sepeda😀

Sayangnya saya tidak melihat cara mekanik membuka body hub karena ban sepeda harus ditinggal (nggak bisa ditungguin). Besoknya saya ambil ban sepeda itu, dan penyakitnya sudah sembuh. Kata mekanik, pawl-nya kering. Saya tanya bagaimana cara dia membuka as freehub. Katanya, ujung as (yang sisi rotor) diputar pakai kunci L5 dan ujung as satunya (sisi sprocket) ditahan pakai tang.

13133351_649920921824586_4528610651773244044_n13139113_649920908491254_8841034555942023413_nimageBuat yang galau pengen ganti freehub, saran saya jangan menggunakan merek Turner BLK 30 bila tidak telaten membongkar dan melumasi  komponen sepeda. Mending pakai Shimano M475 aja😀

Masalah yang saya alami pada freehub Turner BLK 30 terjadi hanya dalam tempo 3 bulan dari kondisi barang baru dibeli. Sangat singkat ya? Kalau diukur dari jarak yang sudah ditempuhnya, sekitar 600 km. Sebelumnya, saya memakai freehub Formula (ball bearing). Sebagai perbandingan, freehub Formula saya bongkar pertama kali untuk mengganti grease, setelah saya menggunakannya sejauh 1500 km. Itupun tidak ada masalah, hanya perawatan saja.

Informasi yang saya dapat belakangan dari grup Sepeda Gunung di FB, freehub Turner sering bermasalah di pawl yang cepat aus. Kasus banyak terjadi pada tipe Turner BLK 20. Ada yang pakai BLK 20 hanya bertahan 2 tahun saja :(  Punya saya adalah tipe yang lebih baru (BLK 30). Mudah-mudahan lebih awet🙂 Harganya saja 2x lipat dari tipe BLK 20. Kan orang-orang sering bilang, “Ada harga ada kualitas“. Hahaha… *menghibur diri

-oOo-

Tulis Komentar

