Posted in Curcol

Aki Kering

Banyak orang menyebut aki “maintenance free” dengan istilah “aki kering”. Padahal keduanya berbeda. Aki “maintenance free” tetap menggunakan air aki tapi tidak perlu ditambahkan isinya secara berkala seperti halnya aki biasa. Aki kering itu adalah aki yang kehabisan isinya sehingga kering😀

Kemarin sore setelah berbelanja di ADA, mobil saya nggak bisa di-starter. Akinya soak. Setelah dicek, ternyata air akinya kering. Hadooh

IMG_20160118_180331

Mobil saya menggunakan aki hybrid. Jenis aki biasa tapi lebih minim pemeliharaan. Seingat saya, terakhir dicek isinya sekitar bulan Oktober 2015. Sudah 3 bulan yang lalu :D  Aki ini saya pasang tanggal 7 Januari 2013. Sudah 3 tahun. Sengaja saya beri label tanggal pemasangannya untuk mengetahui umur pemakaian aki.

Selanjutnya, saya mencari air aki di supermarket ADA, tapi nihil. Lalu saya berjalan kaki menuju pom bensin yang berjarak kurang lebih 400 meter dari lokasi ADA. Di pom bensin terdekat pun tidak menyediakan air aki. Di sepanjang jalan, bengkel-bengkel kecil di pinggir jalan tutup semua, maklum sudah lewat jam 17.30. Akhirnya saya minta bantuan adik untuk menyusul ke ADA sambil mencari bengkel mobil yang masih buka untuk membeli air aki dan kabel jumper. Mobil saya Avanza matik yang nggak bisa dipancing dengan didorong, melainkan memancing dengan menggunakan kabel jumper dari aki mobil lain yang masih bagus kondisinya. 45 menit kemudian, adik saya datang membawa air aki tanpa membawa kabel jumper (karena bengkel tidak menjual). Langsung saya tuang semua isi botolnya (karena aki sudah benar-benar kosong). Setelah itu coba di-starter dan… menyala😀

Saat adik saya di bengkel, aki mobilnya sekalian dicek orang bengkel. Ternyata juga kosong dan sekalian diisikan :D  Berarti bukan saya aja kan yang tahunya cuma pakai mobil tapi jarang buka kap mesin😀

Pelajaran yang bisa diambil:

  1. Air aki itu murah, cuma 4 ribu per botol. Bila sudah kehabisan, kita sangat dibuat kerepotan.
  2. Buat mobil matik, selalu bawa kabel jumper di bagasi mobil.

Dah gitu aja…

 

One thought on “Aki Kering

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s