Nyepeda pertama di Tahun 2016

Hari minggu pagi saya nyepeda ke desa Banyuurip. Untuk kali kedua, saya merasakan “The power of Facebook“. Saya bisa nyepeda bareng orang lain yang belum saya kenal sebelumnya. Ini berkat “Facebook” yang “mendekatkan” para penggemar bersepeda, khususnya di wilayah Pati.

Saya pasang status akan nyepeda ke Banyuurip, eh ada yang komen ingin ikut. Dan benar saja, saat saya tengah di perjalanan, saya disusul oleh teman baru. Malah saya disalip dan ditinggal. Tapi saya tetap ditunggu di atas tanjakan “ngehe“. Dan kami pun berkenalan (secara fisik) di atas tanjakan “ngehe“. Kenalan dalam keadaan nafas ngos-ngosan. hahaha…

BANYUURIP1

BANYUURIP2

BANYUURIP3

Saya bersepeda selama 2,5 jam dengan jarak tempuh 28 km. Tanjakan “ngehe” ada 3 dan semuanya dilalui dengan susah payah. Ada pengalaman baru yang membuat saya berpikir untuk upgrade part sepeda. *Halah*

Saat di tanjakan “ngehe“, fork sepeda saya ajrut-ajrutan, membuat gowesan kurang efisien. Malah ban depan sesekali terangkat akibat fork ajrut-ajrutan itu. Saya pikir asyik juga kalau pakai fork rigid, seperti punya Heist 1.o lawas atau fork Mosso M5. Harganya yang lumayan, sekitar Rp 500 ribuan. Kalo ada yang jual seken, boleh juga saya tampung πŸ˜€

Kombinasi chainring 22t dan cassette 32t belum cukup enteng di tanjakan “ngehe“. Saya tertarik memakai cassette megarange 8 speed dengan gear terbesar 34t. Mungkin tidak terlalu signifikan rasanya dibanding 32t, tapi yang jelas lebih enteng dari 32t πŸ˜€Β  Untuk itu harus keluar mahar sekitar 150 ribuan.

Untungnya, tanpa upgrade sekalipun, sepeda tetap bisa dipakai harian.Β  Tinggal cari rute tanjakan jinak aja, nggak usah yang ngehe πŸ˜€

 

 

2 thoughts on “Nyepeda pertama di Tahun 2016

  1. minggu lalu saya melewatin daerah pati … kotanya nyaman dan dekat ke daerah pegunungan … kalau bersepeda mencari tanjakan jadi ga perlu jauh2 .. hehe … apalagi banyak tanjakan ngehe-nya disana … πŸ™‚

  2. Pingback: Bersepeda dan serangan jantung koroner – Ekspedisi ALam Liar

Tulis Komentar

