Posted in Gowes

Menempuh 23 km dalam 5 jam!

Kemarin, saya melakukan ekspedisi bersepeda yang paling berat (sejauh ini). Saya berangkat dari rumah jam 05.15 wib. Tujuan ke air terjun Watu Sirap Grenjengan atau lebih populer dengan nama Grenjengan Jolong, yang terletak di daerah dataran tinggi Jolong (lereng gunung Muria).

Sepeda yang kami pergunakan terdiri dari Polygon Premier 4.0, Polygon Heist 5.0 dan Polygon Heist 2.0. Perjalanan bersepeda ini penuh dengan tanjakan, walau ada yang landai dan ada yang curam. Jujur saja, saya ingin menyerah karena sudah lemas selama di perjalanan. Tapi kedua teman saya, Yogha Pramond dan Yudistira Ferlyanto Rizka terus menyemangati hingga akhirnya saya pun berhasil juga sampai tujuan. Jalan full tanjakan ditambah jalan makadam (batu tajam) sepanjang 2 km yang sadis tanjakannya menyebabkan saya membutuhkan waktu 5 jam untuk sampai di sana, walau jaraknya “hanya” 23 km dari rumah.

TTB alias tuntun bike
TTB alias tuntun bike

Waduk Seloromo nun jauh di bawah
Waduk Seloromo nun jauh di bawah
Sampi di depan pintu masuk Grenjengan Jolong
Sampi di depan pintu masuk Grenjengan Jolong
Jalan makadam
Jalan makadam
Tanjakan curan di makadam? Ngeriii...
Tanjakan curan di makadam? Ngeriii…
Banjur air buat mendinginkan kepala yang sudah mulai berasap :D
Banjur air buat mendinginkan kepala yang sudah mulai berasap😀
Puncak tertinggi selama perjalanan adalah 642 meter di atas permukaan laut.
Puncak tertinggi selama perjalanan adalah 642 meter di atas permukaan laut.
Indahnya alam
Indahnya alam
Tetap tersenyum walau sebenarnya hampir pingsan :D
Tetap tersenyum walau sebenarnya hampir pingsan😀

Saya menghabiskan 5,5 botol air minum, ditambah dengan segelas es teh di warung yang kami singgahi. Cairan yang masuk ke tubuh saya kira-kira 2,7 liter tanpa buang air kecil sama sekali. Semua dibuang melalui cucuran keringat.

Ekspedisi Watu Sirap Grenjengan ini akhirnya tuntas dengan menghabiskan waktu total 8 jam.

Perinciannya (kurang lebih):

  • 5 jam perjalanan berangkat,
  • 1,5 jam istirahat di tujuan
  • 1,5 jam perjalanan pulang

Di rumah, saya menimbang badan. Ternyata, kurang dari 12 jam, bobot saya susut 3 kg! Memang dasyaaat….

 

One thought on “Menempuh 23 km dalam 5 jam!

Tulis Komentar

