Posted in Gowes

Mencari sumber bunyi “kriyat-kriyut”

Saya penasaran dimana suara “kriyat-kriyut” di sepeda saya berasal. Di Youtube ada beraneka ragam kasus-kasus “creaking” pada sepeda, termasuk yang berasal dari bottom bracket.

Kemarin sore, saya coba mencari sumber “kriyat-kriyut” dengan cara menaiki sepeda dalam kondisi statis, dan posisi pedalnya hendak dikayuh. Ketika kaki menekan pedal ke bawah, bunyi “kriyat-kriyut” itu terdengar, tepatnya saat pedal berada pada posisi jam lima.

creaking

Kemungkinannya ada dua, drat pedal kurang grease (gemuk) atau bottom bracket kurang grease. Pertama, saya ganti pedal dengan pedal lain dimana drat-nya diberi grease pada ulir secukupnya. Ternyata ketika dilakukan uji coba, masih terjadi bunyi “kriyat-kriyut” pada posisi pedal di jam lima.

Saya pun membongkar ulang bottom bracket, kemudian pada ulir di dalam frame saya olesi grease dengan lapisan tebal. Bila kemarin saya memberi grease tipis-tipis, kali ini lapisan tebal seperti contoh tutorial yang ada di Youtube. Setelah itu, semuanya saya pasang kembali.

Ternyata… bunyi creaking masih saja terjadi pada posisi pedal di jam lima😦 Kali ini saya yakin,  memasang bottom bracket dan crank serta pengaplikasian grease jauh lebih baik daripada sehari sebelumnya. Analisis saya pribadi, mungkin karakter bawaan bottom bracket Chin Haur memang begitu “dari sononya”.

Seingat saya, sepeda Polygon Heist saya ini sejak baru kadang-kadang menghasilkan suara-suara “kriyat-kriyut” alias creaking (*beneran ingat atau sekedar pura-pura ingat untuk menghibur diri? Wkwkwk). Creaking biasanya terjadi pada sadel dan sekitar crankset. Rasanya usaha menghilangkan bunyi “kriyat-kriyut” di sektor bottom bracket sudah maksimal saya lakukan, terus mau bagaimana lagi? Toh secara fungsional tidak ada kendala kan? Sepeda dipakai terus saja lah…. *sambil mikir apa masalahnya dari gesekan spindel dengan crank arm*

 

Tulis Komentar

