Posted in Gowes

Ganti Crankset, Bottom Bracket dan Rantai Shimano

Sepeda saya menggunakan crank bawaan Polygon Heist 2.0 merek SR Suntour XCT dengan chainring 48-38-28. Keluhan pada kombinasi gear ini adalah rasio gear buat medan mendaki yang dirasa masih kurang bersahabat dengan dengkul saya, relatif berat dipakai nanjak-nanjak.

Akhir-akhir ini, saat gowes (terutama ketika jalan menanjak) saya mendengar suara “krak-krak” di sekitar bottom bracket. Penggantian komponen bottom bracket baru saya harapkan bisa menghilangkan bunyi-bunyi tsb. Saya tidak tau pasti sejak kapan bunyi-bunyi itu ada, apa sejak baru beli sepeda atau setelah dipakai sekian lama. Saya kurang memperhatikan.

Saya memutuskan mengganti crank SR Suntour XCT 48-38-28 dengan SR Suntour XR 42-32-22, dibarengi mengganti bottom bracket Chin Haur spindel 113,5 ke 122 serta rantai Shimano 8 speed yang panjangnya saya sesuaikan dengan crankset yang baru.

Oprek-oprek saya lakukan sendiri di rumah dengan peralatan standar.

xr00005xr00006xr00007xr00008xr00003xr00004

Walau sama-sama Chin Haur, tapi bearing beda, yang baru sealed bearing
Walau sama-sama Chin Haur, tapi bearing beda, yang baru sealed bearing

Setelah menggunakan crankset SR Suntour XR 42-32-22, sepeda saya ternyata masih mengeluarkan bunyi-bunyi “krak-krak”. Berarti bukan karena bottom bracket yang lama. Saya pikir asalnya dari sana, ternyata bukan :(  Bisa jadi dari pedal atau seatpost. Susah juga menentukan asal bunyi karena muncul suara-suara itu hanya ketika gowes. Sementara dibiarkan saja dulu.

Crankset 42-32-22 benar-benar maknyus buat nanjak😀

Tulis Komentar

