Posted in Gowes

Ganti Stang dan Stem Sepeda

Sebenarnya, sepeda standar tidak perlu di-upgrade (ganti komponen yang lebih baik) apabila tidak dirasa perlu. Tetapi dimaklumi apabila dirasakan terdapat kekurangan pada salah satu komponen standar bawaan sepeda tsb. Misalnya, ganti saddle dengan yang lebih bersahabat dengan bokong. Saddle bawaan sepeda sering tidak cocok. Keras.

Kemarin, saya putuskan mengganti stang (handlebar) standar yang flat (datar) dengan yang sedikit naik (rise).

Stang + stem standar Polygon Heist 2.0
Stang + stem standar Polygon Heist 2.0

Sekalian ganti stem (pegangan stang) yang lebih pendek. Alasan ganti (yang dibilang ke toko onderdil sepeda): mengurangi efek kesemutan. Alasan pribadi: stang lebar membuat gagah pengendaranya :D  Ini pengamatan saya di lapangan terhadap beberapa goweser lain. Dari jauh mereka kelihatan gagah. Kekar. Bila diamati, stang yang dipakai mereka  lebar-lebar dan menjulang. Makanya saya kepincut ganti stang. Ups…😀

Stang Mosso, panjang 70 cm, diameter oversize (OS) saya beli Rp 100 ribu. Stem Zoom 50mm (OS) beli Rp 100 rb. Total Rp 200 ribu. Harga segono bikin tambah pede dan gagah saat gowes. Worth it om…😀

Tambah ganteng
Tambah ganteng

Stem Zoom lebih tipis dari stem standar. Alhasil, headset sepeda saya oblak. Saya tambahi spacer (ring di bawah stem) sebanyak 2 buah dengan ukuran tebal 5 mm. Beli 3 buah ukuran 5 mm merek Nukehead seharga @Rp 5 ribu. Ditambahi spacer, hasilnya tidak oblak lagi. Mantaaap…!!

Stem standar dan stem oversize (OS) pendek
Stem standar dan stem oversize (OS) pendek

Pagi ini saya melakukan test drive stang baru🙂 Nanjak melewati Nadira Regency. Jarak tempuh 12 km. Mejeng sebentar di depan Samsat Pati.

Di depan Samsat Pati
Di depan Samsat Pati

Komentar teman terhadap gedung Samsat Pati, “Mewah banget…”. Syukurlah, berarti Pati tambah maju😀

5 thoughts on “Ganti Stang dan Stem Sepeda

  1. orang Pati toh mas/pak ? saya juga…
    rute biasanya lewat telogowungu, terus naik sampe keluar trangkil, terus balik ke Pati lagi…
    sekarang kerja di Surabaya, rutenya sampe Pandaan.
    Salam Gowes…..:D

Tulis Komentar

