Posted in Gowes

Tips Kenyamanan Bersepeda

Buat apa bersepeda apabila pengendaranya tidak merasa nyaman saat gowes?

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan goweser pemula adalah sebagai berikut:

  1. Atur ketinggian saddle sesuai panjang inseam. Tutorialnya di sini.
  2. Atur kemiringan saddle. Tutorialnya di sini.
  3. Atur maju-mundur saddle. Tutorialnya di sini.
  4. Bila belum diperoleh kenyamanan juga, pilih kontur saddle yang cocok. Tutorialnya di sini. Saya pernah menggunakan saddle Velo Gel (beli Rp 125 ribu) yang tengahnya bolong dan permukaannya rata. Ternyata belum nyaman juga, sehingga membeli saddle lain merek Strummer (beli Rp 135 ribu)  yang berkontur dan untungnya jauh lebih nyaman buat saya. Saddle Velo gel akhirnya dipasangkan pada sepeda anak saya dan dia cocok memakainya.
  5. Panjang handlebar harus nyaman. Tutorialnya di sini.
  6. Handgrip harus nyaman digenggam untuk mengurangi efek kesemutan. Pilihlah yang permukaannya lebar dan empuk. Banyak goweser yang menggunakan handgrip Velo gel yang harganya sekitar Rp 40 ribu.
  7. Pilih kombinasi gear yang pas. Kecocokkan tiap-tiap orang berbeda. Saya biasa memakai kombinasi gear 2-5 (saat start awal) dan 2-6 (bila sudah “panas”). Untuk “pendinginan” (beberapa saat sebelum selesai bersepeda), saya kembalikan lagi ke posisi 2-5.

Yang juga penting diketahui, teknik jalan dan berhenti bersepeda dapat dilihat pada video ini.

Sepeda saya
Sepeda saya

Bila semuanya sudah terpenuhi, tidak ada cerita kaki pegal dan bokong nyeri. Happy cycling!😀

Tulis Komentar

