Posted in Pertamax, Rempong

Mengoreksi Kontras Foto

Saat jalan-jalan, saya selalu banyak memotret. Maksudnya biar punya kenang-kenangan. Dari sekian banyak foto, banyak juga yang hasilnya buruk. Padahal dari sisi komposisinya sudah pas, obyeknya menarik, tapi sayang hasilnya jelek akibat pencahayaannya buruk. Sayang banget kan? Kalau sobat sering mengalami masalah demikian, sebaiknya foto itu jangan dihapus dulu. Mungkin saja masih bisa dikoreksi dengan aplikasi pengolah foto.

Menurut survey di Amerika, para fotografer profesional di sana, 90% mengunakan Adobe Lightroom untuk mengedit foto mereka, dan 10% mengunakan Adobe Photoshop. Di Indonesia kebalikannya kayaknya. Banyak yang belum pernah dengar Adobe Lightroom sebelumnya, termasuk saya😀
Saya akan mencoba “memperindah” foto yang tidak terlalu baik hasilnya. Rada-rada gelap. Foto ini diambil dengan Canon Ixus 155, sekitar jam 08.00 pagi.
IMG_0573
Dengan menggunakan Adobe Lightroom, foto yang gelap di atas ini ternyata bisa diperbaiki menjadi lebih indah dengan langkah yang cukup sederhana.
Mau lihat hasilnya?

IMG_0573-lightroom

Bila mau lebih njelimet sedikit, pakailah kombinasi Photomatix dan Adobe Lightroom. Tutorialnya bisa dilihat di sini. Tutorial yang sangat bagus!

Hasil olah Photomatix + Adobe Lightroom seperti di bawah ini.

IMG_0573-1

Bagaimana? Saya telah menjadi pecandu Adobe Lightroom lho…😀

 

One thought on “Mengoreksi Kontras Foto

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s