Posted in Pertamax, Unyu

Review Canon Ixus 155

Selama 5 tahun saya menggunakan kamera Canon Ixus 80IS (8 MP). Kamera tsb sangat memuaskan. Dulu saya membelinya dengan harga Rp 1,8 juta. Memasuki tahun kelima, kualitasnya mulai menurun, maka saya putuskan menggantinya dengan Canon Ixus 155 (20 MP). Saya membeli di Lazada seharga Rp 1,25 juta. Pengennya sih beli Panasonic TZ35 (di Lazada harganya Rp 2,9 juta) atau Sony CyberShot W830 (di Lazada harganya Rp 1,6 juta). Apa daya budget terbatas😀 Dan pengalaman dengan Canon Ixus 80IS sebelum ini  meninggalkan kesan baik :D  Apalagi hasil compare di Youtube dimenangkan Canon IXUS 155.

Buat saya, penempatan menu untuk mengakses fitur-fitur kamera lebih nyaman di Canon Ixus 80IS. Dan beberapa fitur mubazir untuk saya, seperti fish eye, miniature, toy camera, poster, super vivid. Justru fitur yang saya suka malah tidak ada lagi, seperti positive film dan color accent😦

Saya usulkan versi berikutnya ditambahkan fitur HDR dan Panorama😀

Mari kita lihat hasil jepretan Canon Ixus 155 dan perbandingan dengan Asus Zenfone 5 (8 MP)😀

image
Super Vivid
image
Monochrome
image
Toy Camera
image
Miniature
image
Fish Eye
image
Low Light (resolusi otomatis diturunkan menjadi 5 MP)
image
Program (Favorit saya nih!)
image
Auto dengan flash
image
Firework (lensa membuka selama 2 detik)
image
Snow (paling bagus menurut saya)
image
Poster
image
Auto (tanpa flash)
Night Scene (lensa membuka selama 1 detik dan tanpa tripod! Maksimumnya hingga 15 detik lho...)
Night Scene (lensa membuka selama 1 detik dan tanpa tripod! Maksimumnya hingga 15 detik lho…)

Zenfone 5 punya:

image
Zenfone 5 dengan fitur HDR
image
Zenfone 5 dengan fitur Otomatis
image
Zenfone 5 dengan fitur Low Light (resolusi diturunkan menjadi 2 MP)
image
Zenfone 5 dengan fitur Panorama

 

KELEBIHAN:
1. Kemampuan optical zoom 10x
2. Tombol akses langsung untuk rekam video
3. Ada fitur ECO mode untuk menghemat baterai
4. Ada filter low light untuk pemotretan malam hari
5. Ada filter snow yang ternyata bagus untuk potret indoor😀

KEKURANGAN:
1. Menu macro/infinity ‘tersembunyi’ (pada IXUS 80IS ada tombol akses langsung)
2. Menu pengaturan ISO ‘tersembunyi’ (pada IXUS 80IS ada tombol akses langsung)
3. Tidak ada filter positive film
4. Tidak ada filter color accent dan color swap
5. Tidak disertakan kabel USB bawaan
6. Tidak disertakan SD card bawaan
7. Tidak ada fitur panorama
8. Tidak ada fitur HDR
9. Burst mode kurang mumpuni (hanya 0,8 frame per detik)
10. Tidak ada pengaturan kualitas foto (normal atau fine)

Sekian uneg-unegnya eh review deng…😀

 

14 thoughts on “Review Canon Ixus 155

  1. Hahaha.. Lucu review-nya pake ada yang mubazir apa nggak.. Itu tergantung momennya juga, klo fotonya di ruangan aja emang program yang paling pas.. Haha..

    1. Mungkin lebih tepat sebagai ungkapan kekecewaan karena apa yang didapat dari Canon IXUS 155 dibawah ekspektasi saya. Saya berharap dengan kamera saku memperoleh hasil jauh lebih baik daripada kamera ponsel, dan ternyata perkiraan saya melenceng😀 Kamera ponsel berkembang sangat pesat, sementara kamera saku lebih fokus peningkatan resolusi daripada melengkapi dengan fitur-fitur kamera seperti HDR, Panorama dan burst mode camera.

      1. Camera-ku canon ixus 500HS..
        Love – hate juga.. Haha.. Tapi lumayan lah zoom optical-nya bs sampai 12x, jd klo moto yang jauh2 jd lbh unggul ini drpd kamera hp..😀

        1. Kalo untuk ponsel, kan sudah ada lensa wide, macro, fish eye sebagai pelengkap ponsel yg dibeli terpisah, bahkan lensa zoom hingga 12x pun sudah ada, tapi emang sih rebyek jadinya. Udah bawa ponsel, ditambah bawa tongsis, bawa lensa macro dan bawa zoom😀 Kayak fotografer natgeo jadinya :p

  2. Iya, Snow apik tuh… Aku belum pernah punya poket Canon, tapi seperhatianku kalau minjem poket temen yang Canon, buat selfie jadinya cakepan, hahaha…

  3. om boleh nanya? kalo cara edit foto itu ada di menu2nya atau gmna😀 baru mau kenal kamera digital hehe
    terima kasih

  4. itu om pakai kamera canon ixus 155 kan? itu ko bisa ada fitur kaya auto dengan flash, snow dll
    ajarin dong om😀

  5. Mau tanya ni om’
    Pixel hasil photo canon ixus 155 memang rendah y om?
    Saya pakai pixel yg [L] cuma rata rata 4MB’
    Padahal saya lihat di setting nya
    Pixel [L] 20mb.
    Itu salah pengaturan nya apa gimana ya om??
    Mohon bantuannya ya om?
    Thank

Tulis Komentar

