Setting Bullet2HP sebagai access point

Ceritanya, saya mengajukan pembelian antena omni (merek TP-Link TL-ANT2415D) untuk keperluan internet di kantor. Setelah antenanya tersedia, ternyata tidak bisa dimanfaatkan karena tidak cocok dengan perangkat access point yang telah ada sebelumnya (merek TP Link WA-5210G). Jadilah saya mengajukan lagi pengadaan perangkat pemancar lagi yakni Ubiquity Bullet2HP.

Singkat cerita, perangkat ini saya setting di lantai 2 dan kemudian dipasang di lantai paling atas gedung. Biar jangkauanya luas, begitu…

Sial, notebook client bisa konek tapi tidak bisa internetan… Mau nggak mau harus naik lagi ke lantai 4 untuk setting ulang. Hik.. hik.. hik…

Topologi yang saya pakai adalah seperti di bawah ini:

Topologi Jaringan

Topologi Jaringan

Jujur, perangkat Bullet2HP ini agak berbeda dengan produk-produk TP-Link, jadi masih belum paham ๐Ÿ˜€

Cara paling cepat adalah trial and error. Setelahย  2 jam-an ngoprek, akhirnya bisa juga konek internet lewar Bullet2HP ini. Langsung deh perangkat ini saya pasang lagi di lantai 4. Selesai? belum juga ternyata… ๐Ÿ˜ฆย  Walau bisa konek pakai notebook, tapi tetap berat dipakai browsing. Seringnya muncul tanda pentung ๐Ÿ™‚

Nah, pas kebetulan tidak ada tanda pentung di sinyal, saya login ke AirOS. Saya ganti setting-nya. Yang semula pakai power maksimal, sekarang saya sesuaikan. Buat apa rakus-rakus powernya kalo nggak bisa internetan. He he he… Nah, setelah setting terakhir inilah baru didapat hasil yang lebih baik … Bisa Internetan!! Horrreeee…..

Ini dia setting Ubiquity Bullet2HP yang saya pakai… silahkan dicontoh ๐Ÿ˜€

Menu Wireless

Menu Wireless

Menu Network

Menu Network

4 koneksi

[Jujur saya nggak tau setting yang lebih optimal, dan untuk nyoba-nyoba lagi udah males duluan… ngeri ah naik-naik tembok, kepeleset langsung UGD… eh…ย  ICU, eh… malah KUBURAN kali… hiiii…]

 

One thought on “Setting Bullet2HP sebagai access point

  1. Saya salut dengan semangatnya lo Mas….
    Ditambah lagi dengan kegigihan……
    Semoga sukses dengan penemuan-penemuan baru lagi Mas ๐Ÿ™‚

Tulis Komentar

