Posted in Rempong

Tukang Amatir

Kualitas air baku di rumah kami sangat buruk. Airnya mengandung kadar kapur dan zat besi yang cukup tinggi. Dinding kamar mandi meninggalkan bercak putih, dan air kran tercium bau besi. Kami tidak menggunakan air PAM, tetapi membuat sumur bor sendiri. Air sumur ini dipakai untuk mencuci dan mandi. Sedang untuk air minum kami memproduksi sendiri dengan bantuan mesin reverse osmosis. Air bakunya ya dari sumur ini juga.

Saat browsing internet, saya menemukan produk menarik yang dapat membantu mengurangi kadar kapur dan zat besi. Yakni dengan memasang filter yang berisi butiran pasir (greensand dan kation). Singkat cerita, saya membeli filter-filter tersebut, lengkap dengan housing dan bracket-nya. Sebelum digunakan, greensand dianjurkan digenerasi lebih dulu dengan cara merendamnya selama 4 jam dalam larutan PK (saya beli di apotek dekat rumah). Kation saya rendam dengan air garam sekitar 4 jam.

Hari minggu kemarin, saya mencoba memasangnya sendiri di loteng, tepatnya di sebelah tangki air (tandon). Filter-filter saya pasang sebelum air dari sumur bor masuk ke dalam tandon. Saya merancang ulang plumbing, yakni menginginkan tandon dapat dilepas dari pipa-pipanya agar mudah dibersihkan (dengan cara digulingkan).

Kation (kiri) dan Greensand (kanan)
Kation (kiri) dan Greensand (kanan)
Konstruksi plumbing
Konstruksi plumbing

 

Sekali-kali jadi tukang amatir. Kelihatannya mudah, nyatanya saya menghabiskan waktu seharian untuk memasangnya. Benar-benar melelahkan.  Esoknya, saya merasakan pegal-pegal di sekujur tubuh, ditambah lecet-lecet di tangan, yang mana tidak terasa pada saat pengerjaan. Begitu selesai, baru berasa sakitnya. Untungnya hasilnya baik, jadi kerja keras saya merancang ulang plumbing terbayar lunas. He he he.

3 thoughts on “Tukang Amatir

Tulis Komentar

