Ganti Antena TV

Di tempat kami di kota Pati, untuk menangkap sinyal televisi, selain harus menggunakan antena yang bagus, tiangnya harus cukup  tinggi, dan juga harus ditambahkan booster sebagai penguat tangkapan sinyal. Empat tahun lalu saya  membeli antena PF-5000 beserta booster.

PF-5000

PF-5000

Saat itu kualitas siaran televisi lumayan memuaskan. Enam bulan yang lalu, antena PF-5000 mulai rontok karena getas. Elemen penangkap sinyal hilang tertiup angin. Sebagai gantinya saya bikin dari kawat nyamuk. Hasilnya tidak terlalu bagus. he he he.

Bikin elemen seadanya

Bikin elemen seadanya

Baru minggu kemarin saya sempat menggantinya dengan antena TV baru. Namanya wajanbolic, harganya Rp 140 ribu. Katanya, hasil tangkapan siaran TV wajanbolic bagus walau tanpa booster. Itu posisinya di mana dulu?  Biasalah iklan selalu melebih-lebihkan. Yang jual tinggal di Solo soalnya, nggak ngerti kondisi di Pati pastinya. Saya tidak pernah tahu bila tidak mencobanya, maka saya beli antena wajanbolic itu, siapa tahu hasilnya lebih bagus dari antena PF-5000. Siapa tahu?

Singkat cerita, antena tsb saya pasang. Hasilnya hitam putih dan bintik-bintik. Selidik punya selidik, ternyata inti kabel menyentuh kabel serabut. Wah, yang merakit nggak becus kerjanya. Akhirnya saya bongkar sendiri kabel-kabelnya dan saya pasang kembali di atas tiang setinggi 7-8 meter dari permukaan tanah.

wajanbolic

wajanbolic

Hasilnya? lumayan juga, walau ada 2 channel yang tangkapannya hancur lebur, yakni Trans 7 dan Trans TV. Yang paling bersih adalah RCTI. Kalau dibandingkan dengan antena PF-5000 kayanya masih lebih bagus antena PF-5000 deh. Tetangga kami sekarang rata-rata menggunakan parabola. Saya sendiri masih ragu-ragu, perlu upgrade juga gak ya? Baru saja ganti antena, masak langsung ganti lagi dengan parabola? Nanti dulu deh… Kata teman, bila tetangga pakai parabola, maka kualitas tangkapan sinyal TV yang masih menggunakan antena UHF biasa di sekitarnya akan menurun drastis. Sinyal tersedot atau semacamnya. Apa iya?

Advertisements

4 thoughts on “Ganti Antena TV

  1. Mas kenapa ga berlangganan TV Cable saja, dari pada Parabola ?
    Anak-anak bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggirsnya dengan siaran2 dari CNN, Geographic Chanel, ANimal Planet dll…. 🙂

  2. di tempat sy susah se kali memakai antena pf goceng atau memakai segala antena.baik pun pakai booster atau pun gk pakai booster sy coba pertama tingginya antena 9 meter masih blank .coba kg 15 tv malaysia yg dpt itu aja masih byk semutnya tambah lg 18 mlh gk karuan gyg antenanya knk angin.karna di tempat sy jauh pemancar pswt tv bgn riau bengkalis.rata2 org memakai parabola

  3. di tmp sy memakai antena pf 5000 gk memantau siaranya.tinggi 12 meter semutnya yg kelihatan. 18 meter tv malaysia yg dpt. tv lokalnya mlh sembunyi. memang daerah bengkalis riau blm ada pemancar pesawat tv masìh memakai parabola semua

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s