Posted in Curcol

Zakat Fitrah

Setiap muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya, keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggungannya, baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki maupun wanita.

Tata cara membayar zakat fitrah mencakup beberapa hal berikut ini:

  1. Bentuk zakat fitrah dapat berupa makanan pokok (seperti beras, gandum, keju, dan makanan pokok lainnya) atau berupa uang senilai bahan makanan pokok sebagaimana dimaksud.
  2. Zakat fitrah yang wajib dibayar oleh 1 (satu) orang adalah 2,5 kg atau setara dengan 3,5 liter bahan makanan pokok (dalam hal ini beras).
  3. Waktu pembayaran yang tepat adalah mulai dari tenggelamnya matahari pada akhir Ramadan hingga dekat waktu pelaksanaan salat Ied. (Karena pertimbangan teknis, waktu pembayaran diperbolehkan satu atau dua hari sebelum salat Ied).

Saya membayar zakat fitrah di mushala dukuh tetangga sehari sebelum 1 Syawal 1434H, karena di masjid perumahan saya tidak ada aktivitas penerimaan zakat fitrah. Aneh juga. Mungkin diadakan di tempat lain saya tidak tahu.

Saya membawa 3 bungkus beras ukuran 2,5 kg untuk saya, istri dan anak kami yang paling kecil. Sementara kakak-kakaknya sudah membayar zakat fitrah di sekolah, juga berupa beras. Beras ini saya beli di toko dalam perumahan kami. Beberapa merek beras mengeluarkan paket 2,5 kg. Saya beli salah satu merek. Nah, pas paket beras itu diterima panitia zakat, ternyata isinya dikeluarkan dari plastik beras dan ditimbang ulang dengan timbangan besi. Ternyata semua beratnya tidak mencapai 2,5 kg. Sehingga saya harus pulang ke rumah mengambil beras menggunakan kaleng kecil untuk menggenapkan timbangan agar benar-benar mencapai minimal 2,5 kg setiap orangnya.

Saya cuma mikir, apabila berat beras yang tertulis 2,5 kg di bungkusnya, tetapi isinya tidak sampai 2,5 kg, berapa kilogram “korupsi” yang dilakukan distributor beras? Kami hanya takut kewajiban membayar zakat fitrah kami “cacat” hanya karena hal-hal demikian (yang mungkin dianggap sepele oleh orang lain). Mudah-mudahan menjadi perhatian bersama. Terima kasih.

Tulis Komentar

