Azas Keadilan

Di perumahan tempat kami tinggal akan dilakukan pengaspalan jalan. Sejak tahun kemarin, pada setiap acara arisan RT, selalu ditarik iuran sebesar Rp 10 ribu per kepala keluarga (rutin setiap bulan).

Bulan ini akan dilakukan pengaspalan jalan yang sudah direncanakan tahun kemarin. Kendalanya, uang iuran yang terkumpul belum mencukupi membayar mesin giling, operator dan material aspal. Dari rembukan rapat RT, ada yang mengusulkan kekurangannya ditanggung bersama. Umpana kebutuhan dana pengaspalan Rp 30 juta. Terkumpul iuran Rp 20 juta. Kekurangannya Rp 10 juta dibagi rata kepada KK yang ada (sekitar 50 KK). Adilkah?

Ternyata ada yang keberatan dan mengusulkan bahwa KK yang hanya punya motor mengapa bebannya disamakan dengan yang punya mobil. Akhirnya diputuskan secara mufakat, tiap KK ditarik iuran Rp 50 ribu. Bagi pemilik mobil, setiap mobil ditarik iuran tambahan sebesar Rp 100 ribu. Kalau mobilnya 2 buah, ditarik iuran pengaspalan Rp 250 ribu. Karena inilah jalan keluar yang dirasa paling adil oleh warga RT kami. Siiip…

Iklan

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s