Posted in Curcol

Cantengan dan Sakit Gigi

Saat saya membersihkan karang gigi di dokter gigi, saya sekalian menanyakan gigi yang suka sakit apabila kaki cantengan. Cantengan adalah peradangan yang terjadi di sekitar kuku, yang ditandai dengan rasa nyeri, bengkak dan kemerah-merahan. Dokter giginya tertawa, katanya tidak ada saraf jempol kaki ke rongga mulut, yang ada saraf ke paha. Tapi beneran, setiap kaki saya cantengan, gigi saya ikut sakit. Yang saya tidak tahu, mana sumber penyakit utamanya. Apakah karena sakit gigi maka cantengan ikut menyertai, ataukah sebaliknya, karena cantengan maka gigi ikutan sakit.

Beberapa waktu lalu saya tersandung dua kali. Apes banget. Tempatnya sama pula, di jempol kaki kiri. Selang beberapa hari dari kejadian itu (tersandung), gigi saya terasa sakit. Saya mencari gigi bolong di sekitar rahang yang terasa sakit. Tidak ada gigi bolong yang terbuka, yang ada hanyalah gigi bolong yang masih ada tambalan. Sejak SD gigi saya memang bolong-bolong dan menambalnya masih menggunakan amalgam. Dokter gigi saya pun waktu membersihkan karang gigi sempat heran, kok nambalnya masih memakai amalgam, karena sekarang sudah tidak dipakai lagi. Saya bilang itu sejak SD. Lagi-lagi si dokter tertawa. he he he.

Nah, saat kebetulan saya melihat kuku jempol kaki kiri saya pecah. Saya ingat-ingat kuku pecah ini besar kemungkinan akibat tersandung beberapa hari yang lalu. Langsung saya menghubung-hubungkan, jangan-jangan sakit gigi ini akibat kuku kaki yang pecah. Maka, kuku ini saya lindungi plester selama seminggu, hingga mulai tumbuh kuku baru di bawahnya. Benar saja, saat kuku kaki saya tumbuh baru, rasa sakit gigi saya pun juga hilang seketika. Dari sini saya tambah yakin, untuk kasus yang selama ini saya alami, nyatanya ada hubungan antara sakit di jempol kaki (cantengan) dan sakit gigi.

2 thoughts on “Cantengan dan Sakit Gigi

  1. He3 dokternya ketawa…saya juga demikian. Tapi dalam hal ini kok aneh ya, kakinya sembuh sakit giginya juga hilang🙂

Tulis Komentar

