Posted in Alay

Ngumpulin Foto

Koleksi foto digital biasanya saya simpan di CD dan DVD, ini dilakukan sejak tahun 2003. Saya simpan bila ada kesempatan. Yang di hard disk saya hapus biar space-nya lega. Kemarin, saya ingin mengumpulkan foto-foto lama dan saya masukkan ke hard disk. Koleksi CD backup itu saya buka di laptop satu persatu. Jumlahnya puluhan. Sayangnya, tidak semua CD bisa dibaca :-(  Permukaan CD masih relatif mulus, mungkin proses burning yang kurang sempurna. Kadang hasil burning CD/DVD itu cocok-cocokan juga sih. Dimana CD di-burn, biasanya disana masih bisa dibaca, sementara di CD-ROM lain belum tentu bisa dibuka. Wah, kalau tidak ada jaminan data bisa diambil kembali, jadi ngeri kalau hanya membuat backup di satu keping DVD.

Saya kumpulkan “jejak kehidupan” saya sejak tahun 2002 (saat kali pertama punya kamera digital) hingga tahun 2013. Totalnya 34 GB. Itu belum termasuk beberapa foto yang hilang/terhapus, misalnya foto tour ke Malang dan foto tour ke Danau Toba. Hiks hiks…

Foto-foto ini merupakan harta berharga buat saya. Kenang-kenangan dan hiburan :mrgreen:  Lucu melihat anak-anak saat masih kecil. Anak-anak pun senang melihat dirinya saat masih bayi.

Tulis Komentar

