Jerigen

Teman saya bertanya, bagaimana penulisan “jerigen”? Ya, biasa saja saya bilang, “jerigen”. Saya jadi teringat 15 tahun silam, teman saya menulis “jerigen” dengan “diligen”. Beberapa orang ada yang menyebutnya “jeriken”. Saya sih tidak menyalahkan mereka, mungkin pengucapan di daerahnya memang begitu :mrgreen:

Tau gak sih asal kata jerigen? Nih, saya cuplik dari sana

Ejaan yang baku adalah jeriken karena diserap dari istilah bahasa Inggris jerrycan – wadah bahan bakar rancangan Jerman yang aslinya terbuat dari besi tekan dan berkapasitas 20 liter.

dan dari sini

Jerrycan ini ditemukan oleh orang Jerman pada saat Hitler menginvasi Eropa, pertama kali dibuat dari lempengan besi. Orang Jerman menyebutnya dengan Wehrmachtskanister.

Orang inggrislah yang pertama menyebut dengan Jerrycan, yang berasal dari Gerries (Germany) dan can.
dan bertahan sampai sekarang dengan sebutan Jerry can dan kadang juga disebut Jerry Jugs atau Jerigen (versi jawa).

One thought on “Jerigen

Tulis Komentar

