Aanwijzing

Kemarin ada acara Aanwijzing. Saya baru dengar istilahnya. Maklum, saya bukan kontraktor, bukan arsitek, bukan pula konsultan perencana. Apaan sih artinya? Cari lewat google, ternyata artinya rapat penjelasan pekerjaan. Biasanya, aanwijzing dilakukan dengan peserta tender proyek (misanya pembangunan gedung). Dalam aanwijzing dilakukan penjelasan mengenai pasal-pasal dalam RKS (Rencana Kerja dan Syarat-Syarat), Detail Engingeering Design (DED) dan Bill of Quantity (BQ).

Aanwijzing merupakan sebuah media tanya jawab antara para kontraktor dengan konsultan perencana mengenai kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan, spesifikasi yang digunakan dan dijadikan sebagai acuan dalam membuat penawaran.

Setelah aanwijzing, kontraktor akan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang nantinya menghasilkan nilai penawaran sebuah proyek.

Kenapa tetap memakai istilah “aanwijzing” ya? Apa karena sudah terlanjur populer? Seperti di rumah sakit, seringkali memakai istilah VK (singkatan dari verloskamer), kalau diindonesiakan ya kamar bersalin. Juga ada OK (singkatan operatiekamer), alias kamar operasi.

 

Iklan

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s