Posted in Kongkow

Gulai Kepala Ikan Manyung (Ndas Manyung)

Nama gulai ndas manyung sudah sering saya dengar. Melihat orang memakannya pun sudah. Tapi saya kali pertama memakannya baru kemarin sore, sebagai menu buka puasa.

Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis (Siluriformes), famili Ariidae.

Ikan Manyung

Sepotong kepala ikan manyung, yang dibeli di warung dekat rumah, harganya Rp 7 ribu. Ukurannya kecil. Kalau yang sedang Rp 10 ribu. Yang paling besar bisa mencapai Rp 25 ribu.

Menyantap gulai ndas manyung dengan cara mengorek-ngorek sedikit daging yang masih menempel disela-sela tulangnya. Saya tidak merasakan nikmatnya karena dagingnya sangat sedikit. Maklum, yang saya beli ukuran kecil (Rp 7 ribu). Yang jelas, tulangnya jauh lebih banyak daripada dagingnya.

Gulai Kepala Manyung

Kalau suatu saat Anda lewat Pati, jangan lupa singgah sebentar ke warung makan untuk mencari makanan khas Pati yang satu ini.

2 thoughts on “Gulai Kepala Ikan Manyung (Ndas Manyung)

    1. dagingnya biasanya dibuat ikan asap/daging asap gan😀,, agan punya ID kaskus gak?, kalo punya coba mampir2 ke regional karesidenan pati😀

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s