Posted in Curcol

Syuting di kamar operasi

Kemarin ada pengalaman baru buat saya: syuting di kamar operasi. Bukan bagian suatu adegan film, tapi syuting kegiatan operasi sungguhan. Dokumentasi untuk keperluan pengajaran dokter bedah. Padahal saya cukup ngeri dengan darah segar. Operasinya akan dilakukan jam 10 pagi, sementara saya dikonfirmasi jam 09.30. Jadi saya gak sempat mikir mencari cameraman pengganti. He he he… Sialnya, baterai handycam yang diserahkan ke saya habis isinya. Kosong plong. Ngecharge dulu dan dapat 15 menit. Wah

Jam 10 saya dihubungi dan langsung menuju kamar operasi. Sebelum masuk ke kamar operasi, ganti baju dengan baju khusus yang berwarna hijau, lengkap dengan masker, tutup kepala dan sandal karet.

Sebelumnya, saya hanya mendengar akan dilakukan operasi mandibula. Gak sempat cari tahu, apa itu mandibula. Kalau dari namanya sih mirip mandi bola. Ha ha ha… Boro-boro browsing, nge-charge handycam aja mepet waktunya…

Awalnya saya syuting tentang persiapan dokter bedah dan perawat. Pada operasi kali ini, dokter bedah didampingi dokter anestesi dan dokter gigi spesialis periodontie. Selanjutnya masuk pada bagian inti: bedah-membedah. Sreeet… Leher pasien disayat. Suuurrrr… Darah segar mengalir. Syuting berjalan santai karena ternyata dokter-dokter bekerja serius. Sesekali diselingi candaan. Misalnya, dokter bedah bilang, “Siapa mau nyeruput pakai sedotan?

Sepuluh menit syuting, handycam mati karena baterai habis. Padahal ada adegan penting yang harus disyuting. Jadi saya nge-charge baterai handycam dulu. Sementara itu proses operasi dihentikan sementara. He he he. Kebetulan dokter bedah mau beristirahat sebentar. Sementara perawat menyiapkan peralatan untuk tahap selanjutnya. Setelah nge-charge baterai handycam 10 menit, operasi dilanjutkan lagi hingga selesai. Fiuuuh… lega:mrgreen:

Tulis Komentar

