Posted in Alay

Kabel Charger Notebook Putus

Charger notebook saya kemarin ngadat (lagi). Pertama kali sadar sekitar 5 bulan lalu di Bali. Awalnya sempat bingung karena ngadatnya sesekali saja. Kalau sedang ngadat, biasanya kabel charger saya urut, saya tekuk-tekuk, diikat karet gelang hingga notebook menyala kembali. Beberapa bulan charger beroperasi normal, walau menggunakan ikatan karet gelang:mrgreen:

Masalah terjadi saat karet gelang itu putus kemarin. Tiba-tiba notebook mati. Pettt! Saya memang sengaja tidak menggunakan batere notebook, tapi langsung mencolokkan ke sumber listrik. Sebagai upaya perbaikan charger, saat itu saya pasang karet gelang pengganti (mengganti karet gelang yang putus tadi), tapi notebook tetap tidak mau menyala. Ngadatnya sudah parah. Terpaksa saya bongkar casing charger dengan cara dicungkil menggunakan obeng min. Setelah terbuka, saya cari dimana sumber masalahnya. Kemungkinan kabelnya mengalami luka dalam, terbakar dan putus. Saya putuskan untuk memotong kabel yang bermasalah, dan menyambungnya kembali.

Dugaan saya benar. Setelah kabel dipotong dan disambung kembali, charger bisa dipergunakan lagi. Fungsinya normal. Charger ini lalu saya klem dengan cable ties. Sekarang sih gak takut lagi notebook mati mendadak karena charger kesenggol:mrgreen:

One thought on “Kabel Charger Notebook Putus

Tulis Komentar

