Sekilas tentang Pelatihan BTCLS

Tanggal 12-15 April 2012, rumah sakit tempat saya bekerja mengadakan pelatihan BTCLS. BTCLS adalah singkatan dari Basic Trauma Cardiac Life Support. Kebetulan saya bertugas sebagai salah satu panitianya, tepatnya seksi dokumentasi. Nara sumber pelatihan BTCLS ini adalah tim Emergency Medical Services 119 Jakarta.

Pelatihan BTCLS ditujukan bagi perawat/tenaga medis yang sudah bekerja di rumah sakit, perusahaan, puskesmas dan klinik. Walau demikian, tidak tertutup bagi mahasiswa keperawatan dan kebidanan untuk mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan BTCLS menekankan bahwa cedera dapat menyebabkan kematian dalam waktu yang cepat. Maka penting untuk dipelajari bersama konsep ABCD agar perawat dan tenaga medis semakin efektif dalam memberikan pertolongan. Konsep ABCD diantaranya A=Airway; B=Breathing; C=Circulation; D=Disability.

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu menangani kasus kegawatdaruratan kardiovaskuler termasuk didalamnya serangan jantung (acute miocard infark) dan arythmia lethal.

Peserta dibekali kemampuan untuk menangani berbagai kasus kegawatdaruratan trauma, khususnya pada kasus-kasus kecelakaan lalu lintas, dan pengetahuan seputar triage, baik di lokasi bencana, maupun di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit.

Sebagai obyek pelatihan, digunakan probandus, yakni korban untuk latihan para peserta. Korban ini hanya pura-pura, bukan sungguhan. Meski demikian, dibuat menyerupai korban sesungguhnya.

Mau lihat? [tahan nafas dulu….]

Iklan

One thought on “Sekilas tentang Pelatihan BTCLS

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s