Posted in Curcol

Kriteria Irit

Gatel juga baca iklan salah satu motor anyar yang mengklaim irit bahan bakar. Atau klaim seseorang mengenai mobilnya yang katanya uiriiit, nyatanya ‘hanya’ memiliki perbandingan konsumsi BBM 1:11.

Lha, definisi irit harus diperjelas dulu. Sekarang ini kan belum jelas ukurannya. Misalnya, perbandingan konsumsi BBM untuk mobil minimal 1:16 (pemakaian rata-rata harian) baru boleh dibilang irit. Sedangkan motor tergolong irit (umpamanya) pada perbandingan 1:60 untuk pemakaian rata-rata harian. Kalau kurang dari angka-angka itu (pada kondisi harian & rute dalam kota) jangan mengumbar kata irit. Kalau sudah dibuat standarnya, akan lebih fair.

Masalah muncul saat sebuah kendaraan PERNAH mencapai rekor irit yang angkanya fantastis, contohnya untuk motor PERNAH mencapai 1:100. Misalnya saat diadakan lomba irit-iritan konsumsi BBM, seperti yang dilakukan pada salah satu merek motor di tanah air. Lha, pada saat lomba sangat mungkin cara mereka berkendara dibuat sedemikian rupa, katakanlah sengaja dikondisikan agar kecepatan kendaraan konstan. Rute pengujian juga sengaja dipilih yang lurus dan tidak banyak kondisi ‘stop and go‘. Jadi hasilnya tidak mencerminkan kondisi sebenarnya dari pengendara umum. Irit hanya pada kondisi tertentu. Sebenarnya cara demikian kurang fair.

Pengalaman pribadi, motor yang diiklannya 1:52, nyatanya yang saya alami rata-rata hanya mendapatkan perbandingan 1:33 (pemakaian dalam kota). Sedangkan jalur luar kota pernah mencapai rekor 1:46. Tapi tetap saja, masih kalah sama iklan. #KorbanIklan

Gara-gara harga BBM melambung beberapa hari lagi, delalah saya jadi galau dengan keiritan kendaraan yang saya pakai. He he he…

One thought on “Kriteria Irit

  1. Yang belum ada adalah standarisasi irit itu berapa ?
    Kalau ada yang beriklan dialah yang paling irit, itu sih bisa-bisanya biro iklan saja.
    Btw ga usah galau Mas, soalnya BBm ga jadi naikkan ?
    Seperti banyak dibicarakan orang kalau harga rokok naik, atau harga cabe sampai ratusan ribu naik tenang2 saja tuh Mas ?🙂

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s