Macet di Sukolilo

Senin kemarin adalah hari libur (Imlek). Karena posisinya dempet dengan hari Minggu, maka jauh-jauh hari sebelumnya telah saya rencanakan untuk liburan bersama keluarga. Tujuan kami adalah ke Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Karena posisi saya di Pati, maka saya memilih lewat Kayen – Sukolilo – Purwodadi – Grobogan – Solo – Karanganyar – Tawangmangu. Meski jaraknya pendek (Tawangmangu berjarak 160 km dari Pati), tapi jalannya rusak (berlubang). Ditambah dengan kontur jalan yang melintasi bukit dan gunung.

Saat melintas di wilayah Sukolilo, terjadi kemacetan karena ada truk tangki gandeng tidak kuat menanjak dan posisi tangki melintang di tikungan yang paling tajam. Otomatis kendaraan harus menunggu truk itu lewat, entah ditarik atau memindahkan muatan ke truk tangki lain. Sudah pasti sangat lama prosesnya. Saat itu kendaraan saya berada pada urutan terdepan dalam kemacetan itu.

Penyebab Kemacetan

Saya turun kendaraan dan mencari informasi kepada penduduk setempat mengenai jalan alternatif. Ditunjukkan sebuah jalan melalui gang kecil.

Jujur, perjalanan lewat gang yang ditunjukkan penduduk setempat tadi ternyata sangat mengerikan. Sempit. Curam. Dan, jika basah, kemungkinan kendaraan akan melorot. Inilah pengalaman berkendara yang paling mengerikan yang pernah saya lalui. Untungnya, saat itu cuaca panas sehingga lintasan kering :mrgreen:

Masih di tengah perlintasan melalui gang sempit itu, terjadi kemacetan lagi, kali ini karena ada kendaraan papasan, padahal hanya cukup dilewati satu kendaraan. Yang papasan adalah pick-up L300 dan bis mini. Hadoooh… Akhirnya, pick-up mengalah. Dia mundur dan memepetkan bodi mobil ke pinggir tebing. Untungnya, bis mini bisa melalui celah sempit itu. Alhamdulillah, akhirnya kendaraan kami juga bisa melalui gang sempit itu dan tembus pada jalan utama Sukolilo.

Iklan

One thought on “Macet di Sukolilo

  1. salam kenal.. boleh diperjelas kalo dari Solo – Karanganyar – Tawangmangu, ada petunjuk jalan dan atau tanda2 yg mudah di ingat?

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s