Posted in Alay

Menyelamatkan Data dari dalam Hard Disk yang sekarat

Seorang kawan minta tolong saya untuk melakukan instalasi ulang netbook-nya. Ternyata hal ini tidak bisa dilakukan. Ada pesan error saat instalasi Windows 7. Selidik punya selidik, tampaknya hard disk netbook tsb bermasalah, sehingga tidak bisa dilakukan instalasi Windows. Masalahnya, banyak data penting di dalam hard disk. Saat itu, saya berpikir seandainya ada Linux Live CD, mungkin datanya bisa diambil.

Akhirnya, saya mencari Live CD di internet, eh kebetulan malah dapatnya Active Boot Disk Windows Live CD. Saya langsung mencobanya. Sayangnya, meski partisi hard disk yang berisi data bisa dibuka menggunakan Active Boot Disk, tapi folder tidak dapat dikopi ke dalam flashdisk karena flashdisk-nya (saat itu) tidak dikenali. Maka saya browsing lagi mencari alternatif. Ketemu yang lebih joss, Windows 7 Live CD. Sistem ini lebih user friendly, walau proses ngopi folder dari hard disk ke flashdisk memakan waktu sangat lama karena hard disk sudah hampir sekarat.

4 thoughts on “Menyelamatkan Data dari dalam Hard Disk yang sekarat

  1. itu software ya gan? bisa didapet dmn? Harddisk ane rusak krn jatuh, tp msh garansi (replace baru), gmn cara nyelamatin data penting di dlm nya tanpa nge buka segel garansi? thx

Tulis Komentar

