Posted in Curcol

Bikin Akta Kelahiran

Setelah proses kelahiran putri saya, masih ada pekerjaan lain yang menunggu: bikin akta kelahiran. Memang benar bahwa proses pembuatannya bisa melalui bagian Humas di RS Keluarga Sehat Pati (tempat bayi saya lahir). Tapi saya juga harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukungnya. Macam-macam, misalnya FC KTP suami-istri, FC surat nikah, Kartu Keluarga (KK baru dengan nama anak yang baru lahir tercantum di dalamnya) dan Surat Keterangan Lahir dari Desa.

Tadi pagi saya mengurus Surat Keterangan Lahir di Balai Desa. Prosesnya kurang lebih satu jam. Karena urusan di Balai Desa sudah selesai, berarti saya hanya tinggal ke Kecamatan untuk membuat Kartu Keluarga (KK) baru. Sebelum ke Balai Desa, saya minta surat pengantar dari RT setempat. Susah juga ketemu Pak RT. Kemarin gak ketemu karena ybs sudah berangkat kerja. Untung tadi pagi bisa bertemu Pak RT-nya di rumah beliau:mrgreen:

Bagi keluarga yang baru memiliki anak pertama, pembuatan Akta Kelahiran sering terlupakan. Padahal jika terlambat, urusannya sampai ke pengadilan, dengan membawa dua orang saksi. Repot kan? Saya pun masih ketar-ketir, pembuatan KK baru di kecamatan bisa cepat selesai gak ya? Huft

One thought on “Bikin Akta Kelahiran

  1. Saya juga begitu Mas Kur, waktu kelahiran anak kedua, untuk pengurusan Akte semuanya dibantu oleh Rumah sakit yang sampai selesai…..

Tulis Komentar

