6 Langkah Merakit Komputer

Langkah 1

Siapkan motherboard, heatsink, processor, RAM dan hard disk. Kebetulan yang saya rakit adalah motherboard ASUS.

Langkah 2

Pasang prosesor dan RAM pada tempatnya. Yang paling penting: heatsink terkunci sempurna ke motherboard!

Langkah 3

Ambil casing. Yang saya pakai adalah casing Simbadda.


Langkah 4

Pasang baut sebagai dudukan motherboard. Langkah ini wajib dilakukan!

Langkah 5

Kalau kebetulan casing yang dipakai pas dengan motherboard, langkah ini tidak usah dilakukan. Tetapi pada kasus saya, letak colokan (port-port) tidak sesuai dengan lubang-lubang di belakang casing, jadi terpaksa merusak casing dan mengganti dengan lembaran seng yang disertakan dalam kardus motherboard. Ukuran seng ini sangat pas dengan ukuran dudukan di casing. Tukang design-nya hebat euy

Langkah 6

Pasang motherboard ke dalam casing dengan cara memasang baut-baut pada tempatnya. Kabel power, HDD Led, Reset, dsb dipasang pada tempatnya. Semua bisa dicari dan dibaca pada buku manual motherboard.

Tutup casing dan… SELESAI!

Lama waktu pengerjaan tidak saya ukur. Perasaan saya cepat aja kok, tau-tau selesai… yaaah… kira-kira sama dengan lama waktu membuat postingan tulisan ini… he he he.

One thought on “6 Langkah Merakit Komputer

  1. Ha3x kalau sudah ahli begitu ya, dalam waktu beberapa menit bisa selesai. Dulu saya sering lihat orang yang rakit komputer di glodok, cepat sekali Mas… đŸ™‚

Tulis Komentar

