Posted in Curcol

Hari Gini masih Main Politik Uang?

Berapa perkiraan biaya untuk memuluskan diri menjadi kepala daerah? Saya melihat ada “agen” salah satu pasangan Calon Bupati (Cabup) Pati sedang  mendistribusikan uang ke “sub-agen”. Perkiraan saya, uang yang dia bawa sekitar Rp 50 juta. Disimpan di dalam jok motor. Saya tidak mau melihat, tapi kelihatan:mrgreen: Lha wong, uang segebok itu tidak sampai satu meter di depan mata saya. Jika pasangan Cabup memiliki 10 orang “agen”, paling tidak pasangan Cabup itu mengeluarkan biaya Rp 500 juta. Malah bisa lebih (karena mungkin jumlah “agen” lebih dari 10).

Apakah politik uang secara signifikan dapat meningkatkan jumlah pemilih pada pasangan Cabup tertentu? Well, menurut survey hanya 13 persen pemilih memilih kandidat yang memberi mereka uang. Jadi dari segi efektifitas, politik uang sebenarnya rendah untuk pemenangan Pilkada.

Sebetulnya, bila terbukti melakukan politik uang, akan mendapatkan hukuman berat. Namun, kasus politik uang di dalam sebuah Pilkada sangat sulit untuk dibuktikan.

Apakah mengeluarkan sejumlah uang untuk sebuah proses pemenangan tidak rugi? Kalau tidak menang Pilkada, jelas rugi. Sebaliknya, (dari sebuah artikel yang saya baca) mereka tidak akan rugi keluar uang dalam jumlah banyak untuk politik uang, karena mereka akan memperoleh kembali uang tersebut dalam jumlah lebih besar setelah berhasil memenangkan pemilihan. Lalu, pemasukannya dari mana ya? Wallahu a’lam bishawab. Sebab gaji seorang Bupati “hanya” sekitar Rp 7 juta:mrgreen:

 

2 thoughts on “Hari Gini masih Main Politik Uang?

  1. Nah itu dia, gaji gubernur dan bupati saja gak beda terlalu jauh, kalo selama mereka menjabat jabatan tersebut kekayaan mereka makin menggelembung, artinya… yaaaa gitu deh… Mungkin mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka. Mungkin mereka punya perusahaan yang bergerak di bidang tertentu, dan karena sudah jadi gubernur/bupati, mereka “memaksa” pihak2 tertentu agar perusahaannya dimenangkan tender berbagai macam proyek. Dapet duitnya ya dari situ…😦

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s