Mencegah Blue Screen dengan Windows 2k8 R2 x64 SP1

Saat blue screen terjadi pada Blade Server kami, sistem operasi yang saya pergunakan adalah Windows Server 2008 R2 x64. Saya sempat berkonsultasi dengan teknisi Blade Server Hewlett Packard di Semarang (via telepon). Mereka bilang, penyebab blue screen karena hard disk tidak diformat. Mereka menyarankan agar hard disk diformat lebih dulu. Sudah saya lakukan dan hasilnya tetap sama (muncul blue screen). Saya punya pemikiran lain. Saya menduga, jika menggunakan Windows Server 2008 R2 x64 Service Pack 1 (SP1), masalah blue screen tidak akan muncul. Sebelumnya Blade Server kami memang diinstal Windows 2k8 R2 SP1 dan tidak ada kendala blue screen. Teknisi Hewlett Packard tetap yakin masalah blue screen akibat kesalahan prosedur instalasi Windows. Yang bener aja?!?

Untuk membuktikan dugaan saya, maka saya menginstal kembali Blade Server. Kali ini menggunakan Windows Server 2008 R2 x64 SP1. Dan… ternyata opini sayalah yang benar!!! Blue screen tidak muncul seperti ketika menggunakan Windows Server 2008 R2 x64. Saya hanya memiliki logika, SP1 dibuat untuk menutupi bug-bug sistem operasi versi sebelumnya. Nah, dalam kasus saya, menggunakan SP1 terbukti mencegah munculnya blue screen akibat masalah inkompatibilitas hardware dengan driver windows.

Tulis Komentar

