Posted in Alay, Curcol

Ayo Menulis..!

Saya sering membaca komentar-komentar orang bule Amerika, entah itu di sebuah forum atau ulasan-ulasan tentang produk tertentu. Stukturnya kok bagus ya? Enak dibaca gitu… [*Jadi pengen…*]  Kemahiran mereka menulis tidak muncul begitu saja. Pasti melalui proses panjang. Seberapa panjang? Mungkin sejak tingkat SMA. Mungkin juga sejak tingkat SMP.

Saya pernah nonton film tentang kehidupan anak setingkat SMA di Amerika. Gurunya memberi tugas menyusun paper. Si pelajar itu mencari referensi di perpustakaan. Dia pulang ke rumah dengan membawa setumpuk buku (mungkin sekitar 10-15 buah buku). Dari sini saya menyimpulkan, pelajar-pelajar di Amerika terbiasa membaca banyak referensi. Juga terbiasa menyusun tulisan (paper). Dengan kondisi seperti itu, lama-lama kemampuan menulisnya terasah.

Saya beropini, seandainya seseorang yang tidak bisa menulis, lalu dia memaksa dirinya sendiri untuk membuat tulisan, maka lama-lama kemampuan menulisnya akan membaik. Misalnya menulis sebuah blog. Ditargetkan satu hari terbit satu tulisan baru. Paling mudah adalah menuliskan apa yang terjadi hari ini. Tulisan pertama mungkin bahasanya kaku. Semakin lama akan semakin luwes. Coba saja!

Bila kita belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat kita, bakatilah apapun pekerjaan kita sekarang. Kita akan tampil secemerlang yang berbakat. [Mario Teguh]

3 thoughts on “Ayo Menulis..!

  1. tapi kalo saya tetep kaku ya, terbukti dari tulisan-tulisan diblog saya yang bahasanya tambah lama tambah kacau dan anchurrr…

Tulis Komentar

