Perbaiki Sendiri

Sore ini di dapur ada genangan air. Saya selidiki, kayaknya air berasal dari dispenser. Kemungkinannya ada dua, galon yang retak atau dispenser yang bocor. Maka, saya membongkar dispenser. Melihat sistem selang di dalam dispenser, kemungkinan sumber bocornya dari sambungan selang (selang karet ke selang besi). Sambungan selang tsb saya duga telah mengalami sedikit pemuaian akibat sering mengaliri air panas. Saya hanya menambahkan cable ties ke sambungan-sambungan selang. Saat ini, dispenser masih dalam tahap pengetesan (setelah ditambal), jadi belum bisa dipastikan apakah masalah kebocoran ini sudah tuntas 100%.

Mungkin tidak banyak orang yang berani membongkar alat-alat elektronik. Saya sendiri banyak belajar dari almarhum papi saya. Padahal beliau seorang dokter umum (dan juga seorang polisi). Seandainya ada barang-barang yang rusak, diperbaikinya sendiri. Termasuk memperbaiki stop kontak, saklar, dsb. Kalau sekarang, mungkin tidak banyak dokter yang mempunyai minat memperbaiki sendiri peralatan yang rusak seperti itu. Kalau rusak sedikit, langsung beli baru. Ayah saya dulunya bercita-cita menjadi insinyur. Berhubung biaya kuliahnya mahal, maka masuklah beliau ke Fakultas Kedokteran Airlangga. Kebalikan dengan sekarang, biaya kuliah kedokteran selangit, biaya kuliah teknik juga selangit. Hadoooh

Tulis Komentar

